8 Mei 2010

INFO & TIPS WISATA


TUGU NOL KILOMETER KOTA SABANG.....





Tugu Nol Kilometer RI Sabang ini di resmikan oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno di Banda Aceh pada tanggal 9 September 1997, Dalam rangka peresmian Tugu Kilometer Nol ini juga di adakan Jambore Iptek di pantai Gapang, turut hadir Menristek Prof.Dr.Ing.B.J.Habibie serta Gubernur DISTA (saat itu: Daerah Istimewa Aceh) Prof.Dr.Syamsuddin Mahmud.



Tugu Nol Kilometer RI atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol terletak di desa Iboih Ujong Ba’u 29 kilometer di sebelah barat kota Sabang dan sekitar 5 km dari Iboih. Monumen ini dibangun di ujung tebing setinggi 22,5 meter yang menghadap Samudra Hindia. Dalam bahasa Indonesia Monumen ini disebut Kilometer Nol yang mempunyai symbol burung garuda, burung Garuda legendaries yang terukir padanya.

Para pengunjung bisa mendapat sertifikat dari agen penjalanan resmi mana pun di sabang sebagai bukti kunjungan mereka pada lokasi geografis yang unik ini.




Monumen kilometer tujuh terletak sekitar 7 km dari Monumen Kilometer Nol. Hal yang menarik adalah fakta bahwa Monumen ini dulunya merupakan titik Minumen Kilometer Nol namun dipindahkan ke lokasinya yang sekarang sebagai hasil survey geografis yang lebih baik dan menyeluruh.ang.

0 komentar:

Posting Komentar